DPRD Kapuas Pelajari Sistem Pengelolaan Parkir di Sampit.

SAMPIT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kapuas, melakukan studi banding ke Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) untuk mempelajari sistem pengeloaan parkir.

Kotim sendiri merupakan salah satu Kabupaten yang menjadi barometer perekonomian Kalimantan Tengah, Dengan sistem pengelolaan parkir yang bagus, tentunya dinilai sangat potensial, hal itulah yang membuat DPRD Kapuas ingin mempelajari, karena sangat berguna membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kapuas, melalui retribusi parkir.

“Kalau kita lihat dari sektor retribusi itu salah satunya ada niat kita ke sini, khususnya retribusi parkir kita lihat potensi di Sampit besar, juga potensi pengelolaannya lebih bagus, makanya kita dari Komisi III DPRD bersama Dinas Perhubungan Kapuas studi ke sini untuk konsutasi sekaligus persiapan menyusun rancangan Perda kita nanti,” ungkap, Kamsia Anggota Komisi III yang juga Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kapuas, didampingi Hj. Hairiah anggota Dewan dari Fraksi Gerindra di Kantor Dishubkominfo Kotim, selasa (20/12)

Sementara itu, Kasub Bag Perencanaan Dishub Kabupaten Kapus, Karyadie menilai bahwa sistem pengelolaan parkir di Sampit bisa menjadi acuan atau di tiru oleh daerah lain di Kalimantan Tengah, Khususnya Kapuas bagaimana bisa menarik retribusi yang cukup besar, terutama dalam menata rapi masing-masih kawasan parkir dengan sistem zona (perwilayah).

“Yang kita evaluasi masalah pengelolaan parkirnya, khususnya zonanya, di sini sudah bagus tertata dengan rapi dibuat per zona, sedangkan di Kapuas masih belum, maka dari itu kita bisa mengambil contoh sampit,” pungkas Karyadie.

Sementara, Kapala Dinas Perhubungan Komunikasi dan informatika (Dishubkominfo) Kotim, Fadlian Noor, menyambut baik kunjungan dari anggota legislator Kapuas tersebut. Menurutnya Dishubkominfo Kotim selalu terbuka untuk shering memberikan pengetahuan pada Pemkab Kapuas bagaimana mempelajari sistem pengelola parkir di Kotim.

“Ini sebuah kebanggaan bagi kita, dan kita selalu siap membantu kapan saja pada Pemkab Kapuas jika ingin berbagi pengetahuan tentang pengelolaan parkir,” tandas Fadlian¬†(ilm/beritasampit.co.id)